HASIL GO GREEN

Kegiatan Go Green SMPK PENABUR Harapan Indah tahun pelajaran 2016/2017 bertujuan untuk memberikan pengalaman menanam bagi siswa; menciptakan suasana yang asri, sejuk, dan sehat sehingga mendukung proses KBM; meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan; mengurangi peristiwa pemanasan global; menambah pengetahuan siswa tentang nama ilmiah dan manfaat tanaman tertentu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada bulan April 2017. Syukur kepada Tuhan, kini hasilnya sudah bisa dinikmati. Berbagai tanaman sudah tumbuh dengan baik. Tanaman bunga sudah muncul bunga dengan warna yang beraneka ragam. Tanaman buah sebagian sudah muncul buah bahkan ada yang sudah bisa dipanen. Jenis buah yang sudah muncul buahnya diantaranya srikaya merah, apel India, plum,  belimbing wuluh, sawo, delima, cermai, dan jeruk. Taman kering di SMPK PENABUR Harapan Indah yang tadinya hanya terdapat tanaman pot yang tidak terlalu banyak dan kondisi yang kurang menarik tentunya, kini sudah mulai terlihat hijau dan indah oleh beraneka tanaman yang ada, diantaranya tanaman hias, tanaman buah, dan tanaman obat.

Memang, sebagian tanaman sempat mengalami beberapa masalah, yakni sebagian tanaman diserang oleh hewan pengganggu seperti semut dan serangga lain seperti ulat dan semacam apis yang nampak oleh munculnya struktur seperti kapas berwarna putih pada daun tanaman. dan sebagian tanaman yang lain tidak tumbuh dengan subur. Masalah-masalah tersebut telah diatasi dengan cara menyiangi hewan yang ada. Perawatan yang dilakukan diantaranya 1) Setiap hari Sabtu, tanah dalam pot secara bergilir digemburkan dan disiangi, 2) Pemupukan secara berkala, 3) Penyiraman sesuai kebutuhan. Demikian hasil yang bisa dirasakan sekarang, harapan kami adalah seluruh warna sekolah semakin mencintai lingkungan sekolah dan terus mencintai tanaman sebagai bagian dari lingkungan hidup yang terus dirawat dan dijaga.

 

By. Endang Suesti