SEMINAR PERUNDUNGAN (BULLYING) SMPK PENABUR HARAPAN INDAH

SMPK PENABUR Harapan Indah bekerjasama dengan PolSek Medan Satria , Bekasi Baratmengadakan seminar Perundungan atau Bullying. Seminar tersebut diadakan selama tiga hari yaitu tanggal 25 Oktober sampai 27 Oktober 2017 di Aula SMPK PENABUR Harapan Indah. Tanggal 25 Oktober diikuti oleh semua siswa kelas 7 , tanggal 26 Oktober diikuti oleh semua siswa kelas 8 dan tanggal 27 Oktober diikuti oleh sema siswa kelas 9.  Nara sumber pada seminar tersebut adalah AIPTU Indra N S.H.  dan BRIPKA Maya  .S.Psi.

Hadir pula pada acara seminar tersebut adalah AKP Suhardiman, IPDA Nuraini SH. , AIPTU Bambang Ir. , BRIPKA Idham S , dan BRIPDA Ika Yunita. Mereka sangat antusias dalam menyampaikan materi dan kerjasama yang sangat solid dalam pelaksanaan seminar. Semua anak sangat antusias dalam mengikuti seminar karena materi yang diberikan sangat mengena pada kehidupan sehari hari para siswa.

Perundungan (bullying) dapat dilakukan dalam berbagai cara dan semuanya tetap berbahaya. Meskipun tidak ada kontak fisik antara pelaku dengan korbannya, orang-orang yang mengalami perundungan dapat menjadi sakit hati atau luka emosional atas apa yang dialaminya. Inilah mengapa penting bagi kita untuk menghentikan perundungan.

Dua hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi pelaku perundungan.

Pertama yaitu Menjauh dari pelaku. Jika situasi yang ada tampak mengancam atau berbahaya, ada baiknya kamu menjauh darinya.  Ingatlah bahwa kamu tidak perlu mendengarkan ucapan-ucapan kasar dari orang lain lontarkan kepadamu. Hal terbaik yang perlu dilakukan adalah berjalan menjauh dengan tenang dari pelaku.Cobalah berjalan ke arah orang-orang yang dapat melindungimu, seperti guru atau orang lain yang tidak akan terlibat atau membiarkan terjadinya perundungan.

Keduabila kamu melihat kejadian perundungan segeralah melaporkan perundungan tersebut agar peritiwa terebut dapat segera dihentikan. Dengan melaporkan perundungan yang dialami kepada seseorang, kamu bisa membela atau melindungi teman yang medapattindakan perundungan.

Inilah garis besar materi seminar perundungan yang disampain oleh AIPTU Indra .N. SH dan BRIPKA Maya , S.Psi.

by. Ibnu Kristanto