WORKSHOP METODE PENGAJARAN KREATIF DAN INOVATIF

Pendidikan abad 21 adalah pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan terhadap TIK. Abad 21 membutuhkan kecakapan yang berupa keterampilan berpikir lebih tinggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS)) yang sangat diperlukan dalam mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan global. Salah satu kecakapan yang dibutuhkan tersebut adalah CREATIVITY.

Cara siswa belajar tergantung dari cara guru mengajar. Untuk bisa mencetak siswa yang mempunyai kreativitas yang tinggi dibutuhkan teladan atau contoh dari guru.Dengan kata lain, guru dituntut untuk bisa kreatif agar secara tidak langsung memotivasi dan memberi panutan kepada siswa agar mereka pun bisa kreatif.

Mengingat pentingnya hal ini, maka SMPK PENABUR Harapan Indah mengadakan Workshop Metode Pengajaran Kreatif dan Inovatif guna mempersiapkan guru-guru untuk bisa menjawab tantangan zaman. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 4 Oktober 2017, dari jam 08.00 sampai 12.00 di perpustakaan SMPK PENABUR Harapan Indah. Adapun yang menjadi narasumber adalah Ibu Widyaningtyas Sistaningrum, S.E., M.M. Beliau adalah seorang narasumber dari LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) DKI Jakarta.

Melalui kegiatan ini, guru-guru diingatkan kembali hakikat pembelajaran dan pengajaran, esensi dari menjadi kreatif dan inovatif, kemudian guru berdiskusi dan membuat pengembangan RPP dengan  cara memberikan sentuhan yang baru terhadap variabel pengajaran guna melakukan sesuatu yang inovatif dan kreatif untuk dapat diterapkan dalam kegiatan belajar dan mengajar di kelas. Sebagai tidak lanjut dari pelatihan ini, guru-guru mengajar dengan menggunakan metode baru yang kreatif minimal sekali dalam satu semester dan akan dipantau melalui supervisi sebanyak dua kali dalam satu tahun.

 

Ditulis oleh: Ii DwiKristiningtyas S