Singapore Immersion

Singapore Immersion

Peserta Singapore Immersion berangkat pada minggu 8 Januari 2017 dari bandara Soekarno-Hatta.Pada jam setengah tujuh pagisejumlah 30 peserta dan 2 guru pendamping telah berkumpul dibandara Soekarno Hatta untuk pendataan dan  pembagian name tag. Sekolah yang mengikuti program iniada 3 sekolah yaitu Penabur HI, P7, dan Penabur Kota Wisata.Ketika sudah sampai di bandara Changi Singapore, rombongan peserta disambut oleh tour guide dari Singapore untuk memulai perjalanan dengan menggunakan bus.

 

Program pertama yang dilakukan adalah mengunjungi dan menikmati Universal Studio Singapore. Saat sampai di USS, peserta diberi tiket masing – masing dan diberi kebebasan untuk bermain apa saja yang diminatinya.  Saat tiba waktu yang sudah ditentukan, peserta kembali berkumpul di meeting point yang sudah ditentukan untuk selanjutnya dibawa menuju restauran di wilayah yang sama untuk makan malam. Setelah makan malam selesai, peserta dibawa menuju ke boarding house yaitu Nan yang Girls Boarding School yang digunakan untuk menginap selama 4 malam.

 

Keesokan harinya peserta harus bangun jam 5 pagi untuk melakukan persiapan dan rutinitas di pagi hari sebelum sekolah. Sekolah pertama yang dituju adalah North Vista Secondary School dimana peserta belajar selama  dua hari.Ketika telah sampai, semua peserta yang terdiri dari siswa – siswi SMPK Penabur Harapan Indah, SMPK Penabur 7, dan SMPK Penabur Kota Wisata disambut dengan hangat dan ramah oleh siswa – siswi North Vista Secondary School yang disebut dengan ‘Buddy’. Buddy tersebut berperan untuk mendampingi dan menjadi sahabat selama belajar dan bersosialisasi di sekolah North Vista. Siswa – siswi Penabur dipersilakan untuk belajar bersama – sama di dalam kelas dan di luar kelas untuk mempelajari Math, Physics, Bahasa Melayu, Arts, English, Social Science, dan PE. Selain itu siswa – siswa Penabur juga belajar budaya disiplin, mendengarkan dengan serius tetapi aktif dalam pembelajaran, bertanggung jawab, dan penguasaan diri yang dimiliki oleh siswa – siswa North Vista Secondary School.

 

Sekolah kedua di Singapore yang dikunjungi adalah Woodgrove Secondary School.Sesampainya di sekolah tersebut, siswa – siswi kita disambut oleh seluruh siswa – siswi, guru – guru, dan kepala sekolah dilapangan untuk bersama – sama mengikuti Upacara Penaikan Bendera dan  menyanyikan lagu kebangsaan “Majulah Singapura”. Kemudian anak – anak dibagi menjadi 2 kelompok untuk bersama – sama belajar dengan siswa – siswi Woodgrove dalam kelas Arts, Computer, dan PE.

 

Setelah belajar disekolah sampai jam 13.30 peserta melanjutkan aktivitas yang lebih santai dengan mengunjungi tempat – tempat wisata seperti Merlion Park, menyusuri sungai di Singapore dengan menggunakan Singapore River Cruise, area Clarke Quay untuk menikmati makan siang ataupun makan malam, Garden by the Bay, dan mengunjungi Sentosa Island untuk naik Sky Ride dan Luge dan menonton pertunjukkan Wings of Time. Dalam Singapore Immersion peserta juga menikmati wisata edukasi dengan mengunjungi dan belajar di Singapore Science Centre, Singapore Discovery Centre, Army Museum, dan New Water plant. Selain kegiatan belajar dan berwisata edukasi, peserta juga diberikan kesempatan untuk belanja oleh– oleh di China Town, Bugis Junction, dan Orchard Road.

 

Pada hari terakhir tanggal 12 Januari 2017 setelah berbelanja di Takashimaya di kawasan Orchard, menandakan berakhirnya Singapore Immersion Program.  Seluruh peserta berkumpul di bandara Changi untuk siap diterbangkan kembali ke Indonesia.Rombongan PHI tiba di bandara Soekarno Hatta pada jam 20.00 dan dijemput oleh orang tua untuk kembali kerumah dan menjalani aktifitas masing – masing.

by. Novi Sapta Maria, S.S