Bina Iman

BINA IMAN  KELAS 8   SMPK PENABUR HARAPAN INDAH

TAHUN PELAJARAN 2016- 2017

 “ KARAKTER KRISTUS TERPANCAR MELALUI KEDISIPLINAN DAN PENGENDALIAN DIRIKU “

Bersama   para  guru pendamping   siswa kelas 8 SMPK PENABUR HARAPAN INDAH BEKASI  mengikuti kegiatan IMG_2371 Bina Iman   . Kegiatn Bina Iman ini  berlangsung selama 3 hari  2 malam pada hari Rabu 19 s/d Jumat  21 , 2016  di Grand Zuri –  Jl. Raya Cipanas no. 219, Sindanglaya, Cipanas.

Kegiatan Bina Iman  merupakan salah satu pembinaan karakter bagi siswa dengan sub tema “ KARAKTER KRISTUS TERPANCAR MELALUI KEDISIPLINAN DAN PENGENDALIAN DIRIKU “

Kami  , 13 guru pendamping  dan  184 siswa  berangkat dari sekolah  dengan 4 bus pada  pk. 07.00,  yang sebelumnya didahului team advance , dan sampai  hotel Grand Zuri  pk. 11.35. Setelah itu acara dilanjutkan dengan  makan  siang dan  pembagian kamar.

Selanjutnya pk.16.30 – 18.30  Sesi  pertama dimulai dengan tema ‘ Self Esteem’ yang dibawakan oleh Pdt. Lusindo Tobing di aula 1, sedang di aula 2 oleh Pdt.. Benget Tambunan .  Setelah makan malam  kegiatan  dilanjutkan ‘ Learning Activities’  sampai pukul 21.00. ( Lihat foto- foto kegiatan ).

Setelah seharian berkegiatan , para siswa   lelah , capai  ,  ngantuk   dan tentunya harus  istirahat dan  bobo  dong. Bagaimana dengan  Para guru pendamping khususnya yang  laki – laki ? Ya bertugas  ronda  malam  dan meminta anak untuk tidur  paling lambat pk. 22.00  supaya  bisa mengkiuti kegiatan hari berikutnya dengan badan yang segar dan  sehat.

Pada hari kedua , Kamis 20 Oktober 2016,  kegiatan  dimulai dengan  Saat Teduh dan dilanjutkan dengan Olah Raga  : pk. 05.00 – 06.00.Setelah sarapan pagi para siswa mengikuti sesi kedua  dengan  tema ‘ Self Control ‘.  Selain sesi  kegiatan rohani para siswa  diberi kesempatan untuk berekspresi (seni ) dengan Talent Show.  Melaui kegiatan ini mereka dapat menyalurkan bakat yang dimilki . ( Lihat foto- foto kegiatan Talent Show ). Ada hadiahnya lho untuk 3 kelompok terbaik.( Lihat foto penyerahan hadiah ).

Setelah makan malam kegiatan dilanjutkan dengan Dedication Service , yang merupakan kegiatan inti dari Bina Iman dengan    tema ‘ Inilah janjiku / This is my promise.’   Melalui  kegitan ini suasana pada akhir  acara  saat itu  sangat cair. Dengan bimbingan   pendeta  Lusindo Tobing   anak- anak  dalam kelompok –  saling  bergaIMG_2489ntian  membasuh  kaki  temannya,  dan dengan penuh kesadaran dan dalam suasana haru  mereka kemudian  menyebar mencari  teman yang( barang kali ) pernah disakiti hatinya. Bahkan ada beberapa anak yang mencari guru ( pendamping ) untuk meminta maaf . Di luar aula cuacanya sedang hujan  deras. Di dalam aula hujannya tidak kalah deras, hujan air mata. Mereka saling berpelukan  saling meminta maaf. Kegiatan berakhir pk. 21.00. ( Lihat foro- foto kegiatan ).

Pada hari ketiga, Jumta 21 Oktober 2016 kegiatan diawali dengan   Saat Teduh , kemudian dilanjutkan dengan Outdoor Activity.   Dibawah bimbingan kakak –kakak dari team Palapas GKI Kayu Putih anak- anak menikmati  fasilitas yang tersedia. Acara inti sudah selesai, anak-anak tinggal bersenang- senang . Pada kegiatan ini anak- anak mengikuti  5 – 7 games:  Catur ( bukan permainan catur yang sering kita lihat), Mission Impossible, Amazon  River ( main basah-basahan , tetapi bukan berenang ),  Traffic Jam, dan Tebak Gambar.  Yach, intinya mereka seru-seruan dan happy – happy. Pokonya dunia milik mereka , sangat menikmati.  Tahu – tahu waktu habis ,  mereka harus bergegas ke kamar masing-masing  dan mandi,   sekalian dilanjutkan berkemas- kemas untuk   check out.

Sebelum  Kebaktian Penutup pk. 12.00 – 13.00  ada pembagian hadiah untuk  kelompok yang paling kompak dan memenangkan permainan ( 3 kelompok terbaik).

Setelah makan siang, pada pk. 14.05  anak- anak dan para guru pembimbing  masuk ke bus  masing –masing dan  da… da.. . Grand Zuri, and see you… bye… bye… !!