Perjusa Kelas 7

PERJUSA SMPK PENABUR HARAPAN INDAH

Perkemahan Jumat – Sabtu atau yang sering disebut dengan kata “Perjusa” SMPK PENABUR Harapan Indah Tahun 2016 dilaksanakan tanggal 22 – 23 April 2016 di komplek sekolah. Kegiatan ini diperuntukkan bagi semua siswa kelas 7 yang merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti. Semua siswa kelas 7, OSIS, Kakak Pembina, Wali Kelas, Wakasis dan Kepala Sekolah berkumpul bersama di acara tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tindak lanjut dari semua kegiatan Wajib Ekskur Pramuka yang dilaksanakan tiap hari Rabu.

Acara dimulai pukul 13.30 WIB dengan “Upacara Pembukaan”. Pada kesempatan kali ini Kepala Sekolah Dra. Titik Rahma Utami bertugas sebagai Pembina Upacara sekaligus membuka acara kegiatan. Setelah Upacara Pembukaan yang menggunakan pakaian Pramuka lengkap, semua peserta langsung menuju lobby sekolah untuk berganti dengan kaos dan melanjutkan kegiatan “Leadership” yang disampaikan oleh kakak-kakak dari OSIS. Mereka dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil yang dipandu oleh kakak OSIS. Mereka bermain bersama, berdiskusi bersama dan bekerjasama dalam tiap kegiatan.

Setelah Leadership kegiatan dilanjutkan dengan pembagian ruang untuk MCK dan tidur. Mereka langsung membawa barang-barang mereka sendiri menuju ruangan yang sudah disiapkan kemudian sekalian melakukan MCK. Kemudian mereka berkumpul kembali di lobby untuk makan malam bersama. Setelah acara makan malam semua siswa menuju aula dan sudah dibagi ke dalam kelompok kecil untuk mengikuti “Pelatihan pembalutan dari PMI Kota Bekasi untuk Pertolongan Pertama”. Kurang lebih 1,5 jam mereka mendapatkan materi PMI Kota Bekasi.

Jam 20.30 WIB dilanjutkan dengan acara “Permainan Tradisional” yang diberikan oleh semua Pembina Pramuka dari SMPK PENABUR Harapan Indah. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok yang menempati beberapa ruang di Aula. Pada setiap ruang sudah ada Kakak Pembina yang siap memberikan sesuatu yang baru bagi mereka tentang permainan-permainan tradisioanal, meliputi : Dakon (Congklak), Sudahmanda, Main Karet (Lompat karet), Cublak-cublak suweng, Lompat tongkat, Bekelan dll. Bersama-sama bermain sesuatu yang dijaman sekarang mereka sudah tidak mengenal permainan itu lagi. Tepat jam 22.00 WIB acara ditutup dengan doa bersama dan dilanjutkan denga istirahat.

Jam 06.00 WIB hari berikutnya semua siswa dan Kakak Pembina menuju lapangan untuk melakukan “Senam aerobic” bersama yang dipandu oleh Kakak Pembina Benni Simbolon. Kemudian dilanjutkan dengan bersih-bersih badan (MCK). Jam 07.00 WIB semua siswa harus sudah kembali ke lobby untuk sarapan bersama . Setelah acara sarapan, mereka menuju lapangan dengan membawa tongkat dan tali untuk mengikuti acara “Wide Games”. Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa tempat atau beberapa POS yang harus diselesaikan oleh semua regu. Kegiatan Wide Game meliputi : Tali-temali ( tandu dan tiang bendera ), KIM ( Indera mata dan hidung ), PMR ( pembalutan ), Sandi dan Semaphore. Kegiatan ini dilksanakan dari jam 08.00 WIB – 10.30 WIB dan semua bisa diselesaikan oleh peserta.

Tepat jam 10.30 WIB mereka kembali ke Lobby untuk berganti baju Pramuka Lengkap dan menikmati makanan kecil yang sudah disediakan. Kemudian dilanjutkan dengan “Upacara Penutupan”. Sebagai Pembina Upacara Wakasis SMPK PENABUR Harapan Indah, Ibnu Kristanto, S. Pd. Pukul 11.15 WIB semua acara selesai.

Robertus D H (Pembina Pramuka SMPK PENABUR Harapan Indah )